SQL Injection

SQL Injection, Mikrotik Cirebon, IT Solution Cirebon, Jaringan Komputer Cirebon

SQL Injection adalah sebuah serangan siber yang menargetkan basis data (database) sebuah situs web atau aplikasi dengan memasukkan kode-kode berbahaya melalui input data yang dimasukkan pada form aplikasi web. 

Serangan ini memanfaatkan kelemahan pada aplikasi web yang tidak memvalidasi input data dengan benar, sehingga penyerang dapat menginjeksi kode SQL (Structured Query Language) yang tidak seharusnya dieksekusi oleh aplikasi, dan dengan demikian mendapatkan akses ke basis data, bahkan mengubah atau menghapus data yang ada di dalamnya.

Sebagai contoh, sebuah situs web dengan formulir pencarian dapat menjadi sasaran serangan SQL Injection. Penyerang dapat memasukkan input data berbahaya ke dalam formulir pencarian tersebut, seperti perintah SQL yang dimodifikasi, seperti menambahkan perintah UNION atau OR pada akhir input data.

Jika situs web tidak memvalidasi input data dengan benar, aplikasi web akan mengeksekusi perintah SQL yang dimodifikasi tersebut, dan memberikan akses ke basis data.

Serangan SQL Injection dapat memiliki konsekuensi yang sangat berbahaya, seperti membocorkan informasi sensitif, merusak atau menghapus data, serta memungkinkan penyerang untuk mengambil alih kontrol atas aplikasi web.

Untuk mencegah serangan ini, perlu dilakukan validasi input data pada setiap formulir yang ditemukan pada aplikasi web. Selain itu, juga diperlukan untuk menerapkan prinsip-prinsip keamanan yang baik seperti enkripsi data, penggunaan filter input, dan penerapan parameterisasi pada permintaan SQL.

SQL Injection - Lynix
Lebih baru Lebih lama