Spanning Tree Protocol

Spanning Tree Protocol, Mikrotik Cirebon, IT Solution Cirebon, Jaringan Komputer Cirebon

Spanning Tree Protocol (STP) adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan untuk mencegah terjadinya loop pada topologi jaringan yang memiliki beberapa jalur menuju ke satu titik tujuan.

Loop pada jaringan dapat mengakibatkan pengiriman paket data berulang-ulang dan mengakibatkan penggunaan bandwidth yang berlebihan. Oleh karena itu, STP digunakan untuk membuat sebuah topologi jaringan yang redundan dan tidak memiliki loop.

STP bekerja dengan cara memilih jalur terbaik dan menonaktifkan jalur-jalur lainnya untuk mencegah terjadinya loop pada topologi jaringan. Pada topologi jaringan yang memiliki beberapa jalur menuju ke satu titik tujuan, STP akan memilih satu jalur sebagai jalur utama (root) dan menyebarkan informasi tentang topologi jaringan ke seluruh perangkat di dalam jaringan.

Setiap perangkat akan memilih jalur terbaik menuju ke jalur utama, dan jalur-jalur yang tidak dipilih akan dinonaktifkan.

STP memiliki beberapa jenis state, yaitu:
  • Blocking: State awal pada perangkat yang menunjukkan bahwa perangkat sedang menunggu informasi topologi jaringan dari perangkat lain.
  • Listening: Perangkat sudah menerima informasi topologi jaringan dari perangkat lain dan sedang menunggu perangkat lain untuk mengambil keputusan.
  • Learning: Perangkat sudah memilih jalur terbaik menuju jalur utama dan sedang mempelajari alamat MAC dari perangkat lain di jaringan.
  • Forwarding: Perangkat sudah siap untuk mengirim dan menerima paket data melalui jalur yang telah dipilih.
  • Disabled: Perangkat tidak berpartisipasi dalam STP karena tidak diizinkan atau tidak memenuhi syarat.
STP dapat digunakan pada berbagai jenis perangkat jaringan, termasuk switch dan router. STP juga telah dikembangkan menjadi berbagai versi yang lebih canggih, seperti Rapid Spanning Tree Protocol (RSTP) dan Multiple Spanning Tree Protocol (MSTP).

Kesimpulannya, STP adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan untuk mencegah terjadinya loop pada topologi jaringan yang memiliki beberapa jalur menuju ke satu titik tujuan. STP bekerja dengan memilih jalur terbaik dan menonaktifkan jalur-jalur lainnya untuk membuat sebuah topologi jaringan yang redundan dan tidak memiliki loop. STP dapat digunakan pada berbagai jenis perangkat jaringan dan telah dikembangkan menjadi berbagai versi yang lebih canggih.

Spanning Tree Protocol - Lynix
Lebih baru Lebih lama