NFC (Near Field Communication)

NFC (Near Field Communication)
NFC (Near Field Communication)
Komunikasi jarak-dekat (atau Near-Field Communication) (NFC) merupakan bentuk komunikasi nirkabel jarak-pendek di mana antena yang digunakan lebih pendek daripada gelombang sinyal operator (yang mencegah interferensi gelombang dari antena yang sama). Pada jarak-dekat (tidak ada definisi universal berapa panjang gelombang jarak-pendek namun untuk tujuan praktikal anggap saja panjang gelombangnya seperempat dari gelombang biasa) antena dapat menghasilkan medan elektrik, atau medan magnetik, namun tidak medan elektromagnetik. Komunikasi NFC merupakan medan eletrik yang termodulasi, atau medan magnetik termodulasi, namun tidak berasal dari gelombang elektromagnetik radio. Sebagai contoh, antena putaran kecil (juga dikenal sebagai putaran magnetis) menghasilkan medan magnet, yang dapat diambil oleh antena putar kecil lainnya, jika cukup dekat.

NFC magnetis memiliki sifat yang dapat menembus konduktor yang dapat membalikkan gelombang radio.

Banyak telepon genggam saat ini menggunakan NFC medan elektrik (bekerja pada frekuensi 13.56 MHz, saling berhubungan dengan gelombang 22.11 MHz) untuk beberapa hubungan spesial karena jarak NFC yang sangat pendek membuat NFC sulit untuk bekerja secara diam-diam. Untuk menghasilkan medan-jauh secara efisien, yang berarti mengirim gelombang radio dari panjang gelombang ini, membutuhkan antena dengan panjang gelombang seperempat, dalam ukuran meter atau lebih. Jika antenanya hanya berjarak sentimeter, NFC hanya dapat diatur pada 'jarak-dekat' saja, dengan panjang, lebar, dan kedalaman dari medan dimensi antena. Energi yang sangat kecil akan dipancarkan, sangat esensial bagi keseimbangan medan elektromagnetik yang memiliki pulsa pada 13.56 MHz. Jika antena kecil lain yang sama masuk ke medan, menyebabkan potensial elektrik ke dalamnya, membuat frekuensi yang sama beralternatif. Dengan mengatur sinyal pada antena yang aktif, antena itu dapat mentransmisi sinyal menjadi antena penerima yang pasif.

Penerapan saat ini termasuk transaksi tak bersentuhan, pertukaran data, dan pengaturan sederhana dari komunikasi kompleks seperti Wi-Fi. Komunikasi juga akan mungkin antara perangkat NFC dan NFC yang tidak berdaya integrated circuit, yang disebut "tag".

Manfaat
NFC dapat memberikan berbagai manfaat kepada pengguna seperti:
  • Intuitif: Interaksi “NFC” tidak membutuhkan kesulitan hanya dari sentuhan sederhana.
  • Versatile: NFC cocok digunakan untuk industri, dan lingkungan yang luas.
  • Berbasis standar: Lapisan dasar teknologi NFC mengikuti standar universal yang telah diterapkan oleh ISO, ECMA, dan ETSI.
  • Teknologi yang memungkinkan: NFC memfasilitasi pengaturan dengan cepat dan sederhana dari teknologi nirkabel, seperti Bluetooth dan Wi-Fi.
  • Inherently secure: Transmisi NFC bekerja dengan jarak dekat.
  • Interoperable: NFC bekerja dengan teknologi yang sudah ada kartu contactless.
  • Keamanan: NFC telah memiliki kemampuan untuk mendukung aplikasi yang aman.
Aplikasi pendukung
Keunggulan dari NFC terletak pada perannya sebagai teknologi yang dapat membuka berbagai bentuk komunikasi dan transaksi dengan cara yang sangat nyaman ketika digunakan oleh pengguna. NFC memungkinkan orang untuk melakukan hal yang mereka inginkan dengan menyentuh atau menempatkan perangkat mereka dekat dengan layanan yang dikehendaki. Hal ini membuat bentuk layanan elektronik dan interaksi lainnya lebih mudah diakses oleh banyak orang. NFC bekerja di antara dua perangkat yang berdekatan (biasanya dengan jarak beberapa sentimeter). Setelah sambungan dibuat dalam hitungan detik, informasi dapat dipertukarkan antara kedua perangkat, baik menggunakan NFC secara langsung atau melalui teknologi nirkabel lain seperti WiFi, Bluetooth, UWB atau ZigBee.

Penggunaan
NFC dibangun berdasarkan sistem RFID dengan mengizinkan komunikasi dua-arah antara tahap akhir, di mana sistem sebelumnya seperti kartu pintar tak bersentuhan yang hanya satu arah saja. NFC telah digunakan seperti Google Nexus sejak Nexus S, namun tidak terlalu digunakan hingga Ice Cream Sandwich yang dirilis dengan fitur yang disebut "Android Beam" yang pertama sekali diperkenalkan dengan Galaxy Nexus.

Sejak NFC tak berdaya "tags" dapat juga dibaca oleh alat-alat NFC, ia juga dapat menggantikan penerapan satu-arah yang lampau.

Komersial
Peralatan NFC dapat digunakan pada sistem pembayaran tak bersentuhan, sama seperti yang sedang digunakan pada kartu kredit dan tiket elektronik serta menyediakan pembayaran mobile untuk menggantikan atau melengkapi sistem ini.

Dengan perilisan Android 4.4, Google memperkenalkan dukungan platform baru untuk transaksi berbasis-NFC aman melalui Host Card Emulation (HCE), untuk pembayaran, kartu akses, pass transit, dan pelayanan tertentu lainnya. Dengan HCE, segala aplikasi pada Android 4.4 dapat meniru kartu pintar NFC, membuat pengguna harus menyentuh agar aplikasi yang mereka pilih dapat menginisiasikan transaksi. Aplikasi ini juga dapat menggunakan metode pembacaan terbaru sebagai pembaca untuk kartu HCE dan transaksi berbasis-NFC lainnya.

Pada 9 September, 2014, Apple juga mengumumkan dukungan transaksi berbasis-NFC sebagai bagian dari program Apple Pay mereka. Apple mengatakan bahwa versi pembayaran NFC mereka lebih aman dari kompetitornya karena Apple Pay mengimplementasikan tokenisasi dari datanya untuk enkripsi dan melindungi dari penggunaan yang tak terautorisasi.

Berhubungan dengan koneksi lain
NFC menyediakan koneksi kecepatan-rendah dengan pengaturan yang sangat mudah, dan dapat digunakan untuk berhubungan dengan koneksi nirkabel lainnya. Sebagai contoh, perangkat lunak Android Beam menggunakan NFC untuk menyelesaikan tahapan pengaktifan, penyamaan, dan penyelesaian koneksi Bluetooth ketika transfer file, Bluetooth akan secara otomatis dinonaktifkan ketika kedua perangkat telah menyelesaikan tugas. Nokia, Samsung, Blackberry dan Sony telah menggunakan teknologi NFC untuk menyamaan headset Bluetooth, media player, dan speaker dengan satu tap pada perangkat yang terpasang NFC. Prinsip yang sama dapat diterapkan pada pengaturan jaringan Wi-Fi. Ini hanya berlaku pada perangkat Android versi Jelly Bean dan di atas. Perangkat Samsung Galaxy memiliki fitur bernama S-Beam, sebuah ekstensi Android Beam yang menggunakan NFC untuk berbagi MAC Address dan IP Adress dan lalu menggunakan WiFi Direct untuk berbagi berkas dan dokumen. Kelebihan dari penggunaan WiFi Direct dibandingkan Bluetooth ialah WiFi Direct dapat mentransfer data dengan lebih cepat dengan kecepatan lebih dari 300Mbit/s untuk berbagi file ukuran besar.

Jejaring Sosial
NFC dapat digunakan pada ranah Jejaring Sosial, seperti berbagi kontak, foto, video, atau berkas, dan bermain game dalam mode multiplayer.

Identitas dan akses token
Forum NFC mempromosikan potensial perangkat yang diaktivasi NFC untuk bekerja seperti dokumen identitas elektronik dan kartu kunci. Karena NFC bekerja pada jarak pendek dan mendukung enskripsi, lebih stabil dari versi sebelumnya, dan menggunakan sistem RFID lebih terprivasi.

Automatisasi Ponsel Pintar dan tag NFC
Smartphone yang telah dibarengi dengan NFC dapat dihubungkan dengan NFC Tag atau stiker yang dapat diprogram dengan aplikasi NFC untuk tugas otomisasi. Program ini memberikan izin pengubahan pengaturan ponsel, sms yang ditulis dan dikirim, aplikasi yang akan diluncurkan, atau segala perintah untuk dijalankan, yang terbatas hanya dengan aplikasi NFC dan aplikasi ponsel pintar lainnya yang mendukung NFC.

Aplikasi ini mungkin yang paling diterapkan dalam penggunaan NFC karena NFC tidak bergantung pada perusahaan atau penyedia perangkat namun dapat diatur secara langsung oleh siapapun di manapun dengan smartphone yang mendukung NFC dan NFC tag.

Game
NFC telah digunakan pada video game dimulai dengan Skylanders: Spyro's Adventure. Dengannya kamu dapat membeli figuran yang dapat dikostumisasi dan mengandung data personal pada setiap figur, jadi tidak ada dua figur yang persis sama. Wii U merupakan sistem pertama yang menggunakan teknologi NFC ini.

Sejarah
Akar NFC berasal dari Identifikasi frekuensi radio, atau RFID. RFID memberikan izin pembaca untuk mengirimkan sinyal radio untuk tag elektronik pasif sebagai identifikasi, autentifikasi dan mencari jejak.

Spesifikasi Penting
NFC merupakan serangkaian teknologi wireless jarak-dekat, yang sifatnya membutuhkan jarak 10 cm atau kurang. NFC beroperasi pada 13.56 MHz pada antar muka udara ISO/IEC 18000-3 dan memiliki kecepatan berjarak antara 106 kbit/s hingga 424 kbit/s. NFC selalu melibatkan inisiator dan target; inisiator secara aktif menghasilkan medan frekuensi radio yang dapat menghidupkan target pasif. Ini memungkinkan target NFC mengambil bentuk pengantara yang paling sederhana seperti tags, stiker, fob kunci, atau kartu yang tidak membutuhkan baterai. Komunikasi peer-to-peer NFC memungkinkan, menyediakan kedua perangkat aktif. Program lisensi paten untuk NFC sedang dibuat di bawah France Brevets, yayasan patent yang dibentuk pada tahun 2011. Programnya dibentuk dibawah pengembangan Via Licensing Corporation, dan pembantu mandiri dari Dolby. Pustaka NFC berplatform mandiri dan publik dirilis di bawah lisensi GNU dengan nama libnfc.

NFC tags mengandung data dan biasanya hanya read-only, namun bisa saja rewrite. NFC tags dapat dikoding terpisah oleh perusahaan atau menggunakan spesifikasi yang telah disediakan oleh Forum NFC, asosiasi industri yang bertanggung jawab dengan mempromosikan teknologi dan pengaturan standarnya. Tags ini dapat secara aman menyimpan data personal seperti informasi kartu kredit dan debit, data program, PIN, dan kontak jaringan, pula beberapa informasi lain. Forum NFC menjelaskan empat tipe tags yang menyediakan kecepatan komunikasi dan kapabilitas berbeda dengan ketentuan konfigurasi, memori, keamanan, penyimpanan data, dan ketahanan menulis. Tags biasanya menyediakan memori antara 96 hingga 4096 byte.

Cara kerja
NFC menyediakan media terbaik bagi identifikasi protokol yang memvalidasi secara aman dalam transfer data. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengakses konten digital dan terhubung dengan perangkat elektronik lainnya hanya dengan menyentuh atau membawa perangkat dalam jarak dekat.

NFC beroperasi pada pita frekuensi dengan standar berlisensi 13.56 MHz dengan jarak lebih dari sekitar 20 cm. Menawarkan kecepatan transfer data 106kbit/s, 212kbit/s dan 424kbit/s. Untuk dua perangkat yang berkomunikasi menggunakan NFC, satu perangkat harus memiliki alat pembaca NFC, yang pada dasarnya adalah sirkuit terintegrasi yang berisi data, terhubung ke antena, dapat dibaca dan ditulis oleh pembaca. Ada dua mode operasi yang dicakup oleh protokol “NFC”, yaitu aktif dan pasif.
  • Dalam modus aktif, kedua perangkat radio menghasilkan bagian sendiri untuk mengirimkan data.
  • Pada modus pasif, hanya satu perangkat menghasilkan bidang radio, sementara modulasi lainnya menggunakan beban lain untuk mentransfer data
Mode operasi pasif sangat penting untuk perangkat bertenaga baterai seperti ponsel dan PDA yang perlu untuk memprioritaskan penggunaan energi. Protokol “NFC” memungkinkan perangkat tersebut untuk digunakan dalam modus hemat daya, sehingga energi dapat dihemat bagi operasi lainnya.

Standar Internasional
NFC didukung oleh consumer electronics (CE), produsen perangkat telepon seluler, produsen semikonduktor, jaringan operator, perusahaan jasa, perusahaan teknologi, dan lembaga keuangan. Pada tahun 2004, perusahaan komunikasi seluler dan elektronik membentuk industri atau asosiasi non-profit yang bernama forum NFC, dan saat ini forum NFC memiliki lebih dari 80 organisasi anggota di seluruh dunia (akhir Juni 2006).

Lapisan yang mendasari teknologi NFC adalah ISO dan ETSI dengan standar ECMA. NFC telah memenuhi persyaratan standar internasional utama untuk interoperabilitas smartcard, sedangkan ISO 14443 sudah kompatibel dengan jutaan smartcard dan telah digunakan di seluruh dunia.

Keunggulan
NFC bisa membuat pengguna lebih mudah untuk membayar sesuatu, membeli tiket untuk menggunakan alat transportasi umum, dan penggunaan pelayanan publik lainnya. Sebuah studi yang dilakukan oleh ABI Research mengatakan bahwa pada tahun 2007, tingkat penggunaan teknologi NFC terdapat pada perangkat elektronik seperti mobile handset, PC, kamera, printer.

Untuk saat ini dan pada masa yang akan datang, perangkat NFC akan lebih kompatibel dan dekat dengan kehidupan manusia, seperti munculnya ponsel khususnya smartphone yang memiliki teknologi NFC didalamnya. Bisa digunakan untuk melakukan registrasi tunai, pembayaran di tempat umum atau pusat perbelanjaan, bisa menjadi mesin kas, membantu pembayaran di sarana transportasi seperti halte bus dan tempat menarik lainnya, bisa terhubung dengan sebuah poster yang juga memiliki teknologi NFC, bisa menjadi mesin penjual dan meter parkir, sebagai entri sistem dan pembuka pintu.

Dengan kehadiran NFC komputasi menjadi muncul di mana-mana, semuanya terhubung ke jaringan, orang memiliki pilihan untuk membentuk koneksi yang sesuai dengan kebutuhan mereka pada waktu tertentu. Internet yang merupakan ruang digital telah memberi budaya baru dan budaya digital bagi generasi abad ke-21. Teknologi digital lainnya seperti kamera, CD-ROMs, playstation, video-games juga mudah untuk ditemui. Lebih dari itu, apa yang disebut dengan media baru telah dihubungkan dengan internet.

(referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Near_field_communication)

Lynix - NFC (Near Field Communication)